Jumat, 22 November 2013

Diposting oleh Unknown

   oke, saat SMK adalah saat Mas Boy mengenal orang perantauan dari kota2 lain..dan tau bahwa tiap orang punya sikap dan sifat yg berbeda beda. dan status mereka sebagai anak kos bisa dijadikan tameng kalo mereka punya keterbatasan ini itu. hmmm.... oke kita lanjut... (ariel NOAH version) walau sebenarnya banyak cerita konyol tapi sudah lupa karena sudah sering diluapkan dan bukan ganjalan lagi dihati :)

   sampailah saatnya menuju kelulusan.. sebagai siswa SMK.. tentu kuliah bukan tujuan utama.. Mas Boy bisa kerja di instansi yg sama dengan nama SMK Mas Boy. ya..itulah syarat yg Mas Boy ajukan ke ortu kalo Mas Boy keterima dan ada peluang kerja, Mas Boy pengen kerja. tapiiiii... tau2 ortu lagi2 punya pemikiran beda. "kamu mau jadi apa SMK kok kerja..selama ortu masih mampu, sekolah gih!"

   oke ane cari tempat kuliah. ya, karena SMK Mas Boy menyandang nama instansi, maka ada pula PTS yg juga menyandang nama instansi yg sama di bandung sana, tapi bukan aliansi. jadi yaaa..bukan berarti klo mau kuliah disana mentang2 SMK yg "merk"nya sama trus langsung lulus tes, nggak. dan tempat kuliah yg Mas Boy maksud juga merupakan PTS 10 besar terbaik PTN & PTS di indonesia. SIP juga kalo kuliah disana. dan kalo SNMPTN pun, jurusan yg bisa dipilih terbatas! oke, ortu menyetujui Mas Boy kuliah diluar jalur SNMPTN dan MANDIRI (yg pake duit2 gitu lah). zaman itu, masih ada ujian tulis yg bener2 ngandelin kemampuan peserta, tapi ya tesnya ga cuma tes tulis, ada TPA, TPB, dsb.

   tes gelombang pertama PTS tsb, cuma Mas Boy yg lulus pilihan pertama, dari 4 teman yg juga lulus, tapi semua pilihan ke 3. itu masih bulan desember, UN aja masih april. oke tunda dulu. coba yg lain dulu. saat itu Mas Boy berpikiran kalau di situ aja bisa lulus pilihan pertama, kenapa ga nyoba PTN/PTS dengan peringkat PTN/PTS di atasnya?OK,  Mas Boy nyoba di UGM dan UI, karena jalur tesnya yg masih memungkinkan buat Mas Boy.
ya Mas Boy GA LULUS disana! T.T dan Mas Boy merasa sulit masuk disana..dasarnya IPA/IPS berrrooo..Mas Boy di SMK porsi utk itu sedikit dan Mas Boy paling anti ikut bimbel2 (padahal ada paket utk bimbel PTN kaya UGM dan UI gitu). ya pantes ga lulus bego!(jitak kepala sendiri)

   ok cari alternatif. ada temen Mas Boy yg ngajak buat tes D3 kerjasama dengan BUMN, di institut tempat Mas Boy kuliah sekarang. materi tesnya cuma Matek, English, dan Fisika. beda sama PTN lain yg pasti ada IPA/IPS nya. ok, berangkat lah dengan 10 lebih temen mas boy. Mas Boy inget banget, karena ga suka fisika, ga ada njawab tu fisika. Matek 80% diisi dan english 100% diisi. ini uda maksimal make waktunya padahal. daaaaannn.. Mas Boy lulus tes tulis bersama 3 teman. yg lain pulang (kaya eleminasi acara TV aja). dari 1500an peserta, jadi 750an peserta yg lulus tes tulis. (nama dan identitas disamarkan)

   lanjut psikotes, lulus lagi, dengan perjuangan tanpa lelah (ini psikotes beneran, kaya tes CPNS, dan perusahaan lo!). sumpah, belajar dari 0, dengan usaha dan doa, lulus! dari 750an jadi 300an saja. untuk jurusan yg Mas Boy pilih 150an dari 300 itu. tinggal 2 tahap lagi, kesehatan dan wawancara. Mas Boy jelas was-was, karena sering begadang waktu SMK, gimana ga, sekolah jam 8.00-16.00. latihan bola, ngerjain tugas malemnya, belom kalo temen2 minta bantu ngerjain tugas.

   tapi ortu ngeyakinin, Mas Boy ga punya riwayat sakit parah, ga ngerokok, ya sehat la. tapi Mas Boy ga lulus, menurut Mas Boy sih, karena utk tes kesehatan, kita harus puasa dari jam 9 malem, cuma boleh minum air putih, ga boleh denger yg bising, ga boleh cape, ga boleh tidur larut, dan jangan pipis dulu pas paginya. pipis di lab. nah namanya bangun tidur, nyawa masih belum terkumpul,  ritual kebanyakan orang sebelum mandi kan pipis. nah keluar lah itu, ya sudah. memang ga untungnya disitu.dari 300 org utk jurusan Mas Boy, cuma 25 an yg berhak wawancara. dan 23 diantaranya jadi temen2 Mas Boy sekarang

daaaan... kegalauan berlanjut!

Comment :