Sabtu, 30 November 2013

Diposting oleh Unknown

   HOME SICKNESS.. ya.. anak2 perantauan akan selalu merasakan ini.. kalo kebanyakan orang galau karena pacarnya.. anak perantauan bisa galau gara2 pengen pulang.. bayangin gitu, Mas Boy ke pantai kenjeran, minum es kelapa sambil mandangin laut..galau.. dan berpikiran "rumah gue ada di seberang lautan sana sob". terus nulis "home sweet home" gitu di pasir pantai... bentar2, sumpah, alay banget ye. ctrl+A, delete

   kita akan merasakan hal tersebut, karena keadaan yg berbeda di tempat kita yg sekarang. ibaratnya, se-nggak-enaknya tempat asal km, itulah default kita, dan kita nyaman2 aja di sana. pas dikasih enak, malah pengen ngerasain lagi yg ga enak.

   Naah.. salah satu yg bikin kita kangen rumah adalah makanannya. yooo.. so pasti, ga ada yg ngalahin masakan ibu atau istri kita ya kan, karena Mas Boy lebih suka makannya daripada masaknya..ni kita bahas kuliner yg kita temui di tempat asal, yg ga ada di tempat Mas Boy sekarang

1. nasi kuning
nasi kuning asal
nasi kuning sini
   ada sedikit perbedaan.. nasi kuning asal itu berasnya bukan pulen, lauknya bisa haruan, telor, ayam, itik, semua masak habang. uda, itu aja uda enak banget buat Mas Boy. Nasi kuning sini? nasi kuning beras pulen, kering tempe, srundeng, ayam goreng/telor. menurut Mas Boy ini perpaduan yg aneh, dan agak tanpa rasa. kering semua lagi!

2. ikan
    tempat asal Mas Boy, ga ada sungai besarnya. tapi banyak ikan. di tempat orang2 jualan makanan jadi ni ya, ada pais ikan, ikan bakar, ikan goreng, saluang, dll. jenis ikannya ada nila, mas, saluang, peda,dsb. di tempat Mas Boy sekarang ni uda dekat laut, mana ikannya??? ikannya dorang, pe, mujaer, *oh shit men, ini apa*

3. menu yg bisa di tebak
     ditempat asal, mau makan tu banyak macemnya. disini, bisa di tebak. pecel, kare, campur, krengsengan, penyetan, tu pasti ada di semua warung deh. sudah hampir 4 tahun nih! ini doank pilihannya T.T

4. harga yg nyeleneh
     di tempat asal, sekalipun utk lingkungan anak kos, harganya masih dibilang sm kurang lebih lah sm di tempat lain. pernah tau, makan nasi campur lauk telor harga 5000? atau es teh harga 500? disini ada!

5.ngopi
   sekitaran kampus, banyak banget noh namanya warung kopi (warkop). kalo ada istilah "dewasa sebelum umurnya" ini beda. tapi "tua sebelum umurnya". iya. masih muda, bentar2 ngopi. mampet ngerjain tugas ngopi di warkop,ga ada kerjaan ngopi di warkop, galau ngopi di warkop. bisa dipastikan org yg sering ngewarkop, antara 2, dia perokok atau penyuka dangdut koplo/remix.
   dan kalo anda pesan selain teh hangat (kopi, susu, dst), ingat ada embel2 "hangat/panas"nya km bakal disodorin versi mini yg SANGAT PANAS! kalo pesannya es,gelasnya pasti jumbo! di tempat asal, mau anget, mau es,gelasnya standar!

6. berasal dari tempat yg sama, rasa beda

    asal muasal sate katanya dr madura. oke. di sini suku tersebut lumayan merajai penjualan satenya. buat sate holic kaya Mas Boy, pasti uda merasakan jenis sate yg satu ini. ada ni ya, dalam 1 jalan yg sama, ada 4 penjual sate dengan embel2 "sate madura", tapi rasa satenya beda semua!dan Mas Boy pernah ke maduranya, makan sate juga, beda lagi rasanya!kalo makan soto lamongan, dimana2 soto lamongan, sama kan rasanya?nah, yg sate madura beda, sumpah! 
   di tempat asal Mas Boy, agak beda satenya. kacangnya ga halus2 amat, pasti berminyak,ga pake limau, dan ga ada bawang mentahnya. resepnya sama di mana2 dan rasanya -+ mirip. sate madura klo diperhatiin resepnya sama juga,kenapa rasanya beda coba?

Comment :