Minggu, 24 November 2013

Diposting oleh Unknown

dapat ide lagi nulis.. kali ini tentang profesi yg 1 ini :
aduh kok ya nyomot gambar tukang parkir lg unyu gini.. oke.. kembali ke masalah..

parkir di luar negeri, dimaksudkan utk menekan pemakaian kendaraan pribadi. ya, selain pajak yg tinggi buat kendaraan pribadi, parkirnya juga mahal2, bahkan diberlakukan nopol ganjil genap. iya, ini berlaku utk negara yg rutinitasnya tinggi. misal di singapore, malay, dsb. kenapa?BIAR GA MACET! dan lagi penduduk di arahkan menggunakan transportasi massal

di indo, parkir "katanya" sih, buat pemasukan daerah. coba pikir, yg parkir banyak >> pemasukan tinggi >> jalanan tambah penuh >> bangun jalan >> keluar duit. lah, sama juga boong. untungnya dmn?

tapi... hal ini dimanfaatin segelintir org. ada parkir liar dimana mana, yg duit parkirnya itu masuk kantong sendiri. Mas Boy pernah ngalamin ini :

MB : mas boy, P: tukang parkir
MB : bang,motor ane donk
P  : yg mana?
MB : merah bang
P  : masa gini aja ga bisa ngluarin sih
MB : *dalam hati*
     " eee kamfred, ente ngatur parkir jejer dempetan gini, klo ane yg ngluarin brti kudu geser motor sebelah2nya, trus dikasih duit kerjaan loo apaan?"

atau pernah parkir depan toko/depan tempat makan yg jelas2 motornya didepan bangunannya?

Mas Boy ambil contoh di jalan daerah kosan, Jl. Mulyosari, kalo toko/warungnya ga nampang tulisan "parkir gratis" dan ada yg jaga parkir, maka sudah pasti anda akan bayar parkir. padahaaal.. misal lg makan pinggir jalan yaaa.. jelas2 tu kendaraan bisa elu pelototin sambil elu makan! ga akan hilang!

oke, menurut survey Mas Boy di jalan ini, ada beberapa tipe Ju-kir (juru parkir)
-tipe kamfred
tipe yg nyamperin klo km mau keluar,ga di parkirin, ga dibantu keluar, ga dikasih kardus buat nutupin jok, lebih kaya tukang palak
-tipe agak niat
sama kaya tipe kamfred tapi masih sangu kardus buat nutup jok
-tipe niat
kita tinggal nyodorin kendaraan (kalo motor) trus diparkirin atau di arahin (mobil). kalo keluar motornya di keluarin, klo mobil dimintakan jalan

daan.. ini adalah keadaan kamfred yg bakal lo temuin:
-parkir dempat (pikir dah tu gimana ngluarinnya, apalagi ngluarin sendiri)


-spion patah (gara2 parkir dempet gr2 jukir/kita ga hati2)


- helm tergores/rusak  misterius (jatoh gara2 jukir mindahin mtor ga hati2)


- kita sudah markir dengan space yg cukup, biar enak kluar masuk. daaann saat lo pulang, ada motor yg ndusel2 di sela motor lo n sebelahnya, atau parkir melintang+kunci stang dibelakang motor lo. susah pictnya, pict dibawah,anggap orangnya langsung parkir motor di situ.



- Jukir : "klienku adalah segalanya" (lo kira ini jalan bapak lo)
yg ini pokokx mobil kliennya keluar, ga ngurus tu jalan jadi macet kek, toh yg ngasih duit kan kliennya,bukan orang yg pengen lewat!

oke.. pekerjaan ini (bagi jukir tak resmi) adalah cukup menguntungkan. 
misal, parkir 1000. klo bisa nemu spot yg tepat (misal dpn KFC/MCD atau parkir luar Mall) yg pengunjungnya bisa ratusan
- 1hari = misal dari mobil n motor 100.000
- 1 bulan = 3 juta
oke, itu kalau 1000. kalo 2000? soalnya di tempat Mas Boy 2000 dpn MCD & Mall. bayangkaaan...!3jt/bln adalah gaji jauh di atas UMR, dan setara sama operator pabrik/buruh yg keringatnya lebih banyak dari jukir!

bukan maksud menjelekan tukang parkir, tapi bekerjalah semestinya, sehingga pengguna kendaraan tidak merasa di palak, karena tidak ngerjain apa2 kok minta uang parkir. pasti ikhlas la ngasih klo parkirnya dibantu, walau itu parkir liar sekalipun. manusia di ajarkan saling membantu kan. trims




Comment :